Langsung ke konten utama

Terkini

Puting beliung terjang sembilan rumah di Bintan

BATAMTERKINI.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mencatat sembilan unit rumah warga pesisir mengalami kerusakan akibat diterjang bencana alam puting beliung. Kepala Pelaksana BPBD Bintan Ramlah mengatakan lokasi kejadian puting beliung tepatnya di Desa Tanjung Talok, Kecamatan Seri Kuala Lobam pada Senin (20/5) pagi. "Sampai saat ini ada sembilan rumah warga terkena dampak puting beliung," kara Ramlah di Bintan, Senin (20/5).  Sementara jumlah keluarga terdampak puting beliung sebanyak 33 jiwa dari total sembilan kepala keluarga (KK), namun semuanya dalam kondisi selamat dan mengungsi ke rumah warga maupun saudara di sekitarnya. Ramlah menyebut dampak puting beliung menyebabkan beberapa atap rumah warga mengalami kerusakan, yaitu enam rumah rusak ringan dan tiga rumah rusak sedang. Setelah kejadian itu, kata Ramlah, tim gabungan yang terdiri dari BPBD Bintan bersama instansi terkait langsung melakukan

Seorang Wanita Luka Bakar Akibat Kloset Meledak

BATAMTERKINICOM - Seorang wanita paruh baya, Eli (57), warga Kampung Sumur RT 10/RW 10, Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur mengalami luka bakar pada sebagian tubuhnya karena terkena ledakan kloset di kamar mandi rumahnya, Jumat (3/3). 

"Akibatnya, istri saya harus menjalani perawatan di RSKD Duren Sawit," kata suami korban, Kusdoyo (57) di Jakarta.

Ia mengatakan, istrinya mengalami luka bakar di bagian kaki, tangan dan badan, sehingga harus dilarikan ke rumah sakit.

"Luka bakar di tangan, badan, sekitar 50 persen," ujarnya.

Dia pun mengaku kaget dengan ledakan kloset (WC) itu karena hari sebelumnya tidak pernah terlihat sesuatu indikasi yang memperkirakan kloset miliknya akan meledak.

"Tidak tahu penyebabnya tiba tiba istri, saat di kamar mandi hendak buang air besar, tiba-tiba kloset meledak dan ada api, tidak tahu itu bisa seperti itu," kata Kusdoyo.

Imbas ledakan tersebut, kloset jongkok kamar mandi rumahnya terangkat dari lantai dasar, sejumlah bagian plafon mengalami kerusakan, dan lantai kamar mandi retak ringan.

"Seperti bom saja, (suara) dum begitu. Kerusakan plafon, lantai," ujarnya.

Warga sekitar yang menolong EIi saat kejadian pun menuturkan suara ledakan tangki septik terbilang kencang karena terdengar hingga radius sekitar 50 meter dari lokasi kejadian.

Ketua RW 10 Kelurahan Klender, Munzir menyebut warga di sekitar lokasi juga sempat merasakan getaran ketika tangki septik itu meledak dan sempat menimbulkan penyalaan api.

"Suara ledakan lumayan, radius sekitar 50 meter. Seperti ban pecah, getaran ada, genteng juga sempat terlontar," ucapnya.

Belum diketahui pasti penyebab kejadian, namun berdasar hasil pemeriksaan awal jajaran Damkar Jakarta Timur diduga ledakan tersebut akibat masalah pembuangan gas tangki septik.

"Dugaan sementara, ledakan tersebut bersumber dari saluran gas aliran kloset yang tidak bagus," kata Kepala Seksi Operasional Sudin Gulkarmat Jakarta Timur Gatot Sulaeman.

Saat mendapatkan informasi itu, pihaknya menerjunkan satu unit kendaraan penolong beserta tiga personel untuk melakukan penanganan.

"Waktu petugas datang sudah tidak ada penyalaan api dan situasi dipastikan aman," ucapnya. (dc/btc) 

Komentar

Populer

Pemerintah Tetapkan Awal Ramadhan 1444 H Jatuh Pada Hari Kamis

BATAMTERKINI.COM - Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1444 Hijriah/2023 Masehi jatuh pada Kamis ini, usai diputuskan melalui sidang isbat di Gedung Kemenag RI, Jakarta, Rabu (22/3).  "Sidang Isbat menetapkan 1 Ramadhan 1444 Hijriah jatuh pada hari Kamis," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, saat memimpin konferensi pers penetapan sidang Isbat. Dengan penetapan itu maka pada Rabu malam umat Islam di Indonesia dapat melaksanakan Shalat Tarawih. Sidang isbat ini diikuti sejumlah perwakilan organisasi keagamaan, ahli astronomi, serta tamu undangan lainnya. Berbeda dengan penetapan saat pandemi COVID-19 dua tahun lalu, kini sidang isbat digelar tanpa ada pembatasan peserta. Pengumuman penetapan dilakukan secara daring dan luring. Dengan demikian, masyarakat sama-sama bisa langsung menyaksikannya melalui tayangan di laman media sosial resmi Kemenag. Sidang isbat sendiri digelar Rabu sejak pukul 17.00 WIB sampai ditutup dengan

Demo di BP Batam Rudi Janji Bahas Status Kampung Tua Dalam Pengembangan Rempang

BATAMTERKINI.COM - Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi berjanji membahas status Kampung Tua ke pemerintah pusat di depan aksi penolakan pengembangan Pulau Rempang dan Galang sebagai daerah Eco City. Aksi itu menuntut pemerintah untuk tidak melakukan relokasi di 16 lokasi Kampung Tua yang ada di wilayah tersebut. "Yang dituntut bapak ibu adalah status 16 lokasi Kampung Tua yang harus dikeluarkan untuk perkembangan investasi, ini yang akan kami sampaikan ke pemerintah pusat," ujar Rudi di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu. Dia menyebutkan permintaan warga tersebut segera disampaikan ke pemerintah pusat. Namun saat ini pihaknya masih butuh pengambilan data terkait batas hutan lindung di daerah tersebut. "Setelah ini selesai, baru kami akan kembali ke Jakarta dan menyampaikan permasalahan yang sebenarnya," kata Rudi. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, pihaknya ingin warga juga ikut terlibat agar tahu permasalahan yang sebenarnya. Karena,

Pilkada 2024 Serentak pada 24 November

BATAMTERKINI.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadwalkan pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 secara serentak digelar pada tanggal 27 November 2024. "Sesuai dengan kesimpulan Rapat Dengar Pendapat (dengan Komisi II DPR) tanggal 24 Januari 2022 dan Keputusan KPU Nomor 21 Tahun 2022 bahwa pemilihan umum presiden dan wakil presiden, DPR, DPD, dan DPRD dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Sedangkan untuk pemilihan gubernur, bupati dan wali kota dilaksanakan pada 27 November 2024,” kata Komisioner KPU Yulianto Sudrajat dalam Uji Publik tiga Rancangan PKPU di Jakarta, Kamis (11/1).  Yulianto menuturkan rencana digelarnya pemungutan suara bagi Pilkada 2024 telah tertuang dalam Rancangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang Tahapan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024. Dengan tiga pertimbangan yakni tidak adanya singgungan antara tahapan Pemilu da

Kategori

Tampilkan selengkapnya

Copyright ©2024 Batamterkini.com